Senin, 08 Oktober 2018

OOP dan OOAD

Pengertian OOP


OOP (Object Oriented Programming) adalah suatu metode pemrograman yang berorientasi kepada objek. Tujuan dari OOP diciptakan adalah untuk mempermudah pengembangan program dengan cara mengikuti model yang telah ada di kehidupan sehari-hari. Jadi setiap bagian dari suatu permasalahan adalah objek, nah objek itu sendiri merupakan gabungan dari beberapa objek yang lebih kecil lagi. Saya ambil contoh Pesawat, Pesawat adalah sebuah objek. Pesawat itu sendiri terbentuk dari beberapa objek yang lebih kecil lagi seperti mesin, roda, baling-baling, kursi, dll. Pesawat sebagai objek yang terbentuk dari objek-objek yang lebih kecil saling berhubungan, berinteraksi, berkomunikasi dan saling mengirim pesan kepada objek-objek yang lainnya. Begitu juga dengan program, sebuah objek yang besar dibentuk dari beberapa objek yang lebih kecil, objek-objek itu saling berkomunikasi, dan saling berkirim pesan kepada objek yang lain.

Pengertian OOAD

OOAD adalah Metode pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses.

OOAD terbagi menjadi 2 yaitu : OOA dan OOD

OOA  adalah Metode analisis yang memeriksa requirement (syarat/keperluan  yang harus dipenuhi sebuah sistem) dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemui dalam ruang lingkup perusahaan.

Tahapan OOA :

1.Menganalisis masalah 
2.Menjelaskan proses yang terjadi dalam sistem
3.Identifikasi obyek
4.Menentukan atribut
5.Mendefinisikan operasi

Pengertian OOD

OOD adalah Sebuah metode mendesain yang mencakup proses pendekomposisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan static (class diagram) dan dynamic(statechart diagram) model sistem.

OOD memungkinkan software engineer untuk mengetahui object-object yang dihasilkan oleh tiap class dan hubungan antar object. Selain itu, OOD menggambarkan bagaimana hubungan antar object bisa dilakukan, bagaimana behavior dari object diimplementasikan dan bagaimana komunikasi antar object diimplementasikan.

Konsep dasar OOAD :

1. Objek (Object) adalah benda yang secara fisik dan konseptual yang ada disekitar kita.
2. Kelas (Class) adalah definisi umum dari himpunan objek yang sejenis. Kelas menetapkan spesifikasi perilaku(behaviour) dan atribut-atribut dari objek tersebut. Class adalah abstraksi dari entitas dunia nyata.
3. Kotak hitam (black Box) adalah dasar dari implementasi objek. Dalam operasi OO, hanya para developer yang dapat memahami detail dari proses-proses yang ada dalam kotak hitam, sedangkan para user tidak mengetahui.
4. Asosiasi dan Agregasi
Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek. Asosiasi digambarkan dengan sebuah garis penghubung di antara objeknya. Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu objek merupakan bagian dari objek yang lain.
5. Pewarisan (Inheritance)
Pewarisan adalah suatu cara kerja yang menyatakan kesamaan diantara kelas-kelas, penyederhanaan definisi kelas yang mirip ke suatu definisi yang
telah ada sebelumnya. Pewarisan terdiri dari generalisasi dan spesialisasi.


Sumber  :
https://idcloudhost.com/panduan/mengenal-pengertian-dan-konsep-oop/
http://pbokelasc.blogspot.com/2012/06/ooad.htmlhttp://pbokelasc.blogspot.com/2012/06/ooad.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Activity Diagram

Activity Diagram adalah diagram yang menggambarkan workflow (aliran kerja) atau aktivitas dari sebuah sistem atau proses bisnis. yang ...